metamorfosis

metamorfosis tidak sempurna
meliputi : kecoa, jangkrik , belalang , capung , dan lipan .
serangga mengalami bentuk dari telur menjadi dewasa yang tidak mencolok dalam daur hidupnya . bentuk larva atau pra dewasa disbut nimfa . nimfa memiliki kemiripan dengan bentuk dewasa [imago ] kecuali organ reproduksi dan sayap . pada metamorfosis tidak sempurna . tidak berbentuk tahap pupa



metamorfosis katak :
katak betina dewasa akan bertelur . telur tersebut akan menetas dalam 10 hari



setelah cukup lama meninggalkan masa sekolah . jadi teringat tentang pelajaran yang di ajarkan guru , tepatnya pelajaran biologi . yang tentu saja mengulas tentang hewan dan kehidupan alam . dan juga yang paling aku suka dengan kelas prateknya .

yang sekedar mengingat masa sma dahulu , walaupun hanya belajar biologi hanya satu semester aja . tapi bikin tak terlupakan . jadi pada kesempatan ini aku ingin sedikit mengulas tentang metamorfosis .

sedangkan metamorfosis itu sendiri berarti suatu proses perkembangan pada hewan yang melibatkan perubahan fisik setelah kelahiran atau penetasan .

metamorfosis sendiri terbagi :
-metamorfosis sempurna
- metamorfosis tidak sempurna
sedangkan bebrapan hewan yang mengalami nya antara lain :
jenis serangga: lalat ,kumbang , semut , lebah , kupu" , dan ngengat.
2- jenis amfibi.
3-jenis mollusca [ hewan bertubuh lunak ]
4 -jenis crustacea : lobster , kepiting , udang .
5- jenis echinodermata : bintang laut , teripang , bulu babi dan beberapa
kerabatnya .

lanjutan dari metamorfosis katak :
lalu telur katak menetas menjadi berudu . setelah 2 hari berudu mempunyai insang luar yang berbulu untuk bernapas . setelah 3 minggu insang berudu akan tertutup oleh kulit . umur 8 minggu kaki belakang berudu terbentuk dan membesar ketika kaki depan mulai muncul . umur 12 minggu kaki depan nya mulai berbentuk .ekornya menjadi pendek serta bernapas dengan paru-paru .

0 komentar:

Posting Komentar


 

Total Tayangan Halaman

......

About

Blogger templates


nuansa

kepakan sayap" mungilmu menggapai riak airdalm telaga indah melukiskan wajah mu di bening telaga mengejar mewujudkanmu tuju tepian tepian yang mengoreskan kanvas keabadian nan angan didasar relung sayap" mungil pejamkan mata biarkan hujan kan bawa terbang hati kesana dimana rintik " mengalir membentuk telaga dalam jauh lamunan dara ditepian karang merangkai ranting " tua diuntaian indah

Blogroll

Pengikut