Batik Estetika Budaya Indonesia

batik rajeg wesi salem<...sprei batik hijau .>
mega mendung biru syal

batik madura pinky liris_-- batik madura


batik madura

batik lasem hijau
_batik indramayu tambal 1000_____

batik daun rambat madura
kain batik cap yogyakarta .

Butuh suatu proses yang panjang batik iinhdonesia mendapat pengakuan dari dunia luar , khususnya unesco . sebuah karya seni fenomenal yang nyaris tergeser oleh modernisasi global . karya batik indonesia mempunyai tehni9k dan simbol budaya yang menjadi identitas rakyat Indonesaia . hal yang membuat nilai budaya batik sangat tinggi adalah keterlibatan nya , mulai kelahiran sampai meninggal .
" bayi digendong dengan kain batik bercorak simbol yang membawa keberuntungan . dan yang meninggal ditutup dengan kain batik ."

sedangkan batik bisa juga dipadukan untuk sehari -hari , kegiatan bisnis dan akademis . dapat juga dipakai dalam upacara pernikahan , kehamilan , pergelaran wayang dan juga dalam ritual tertentu.


sejumlah data menyebutkan terdapat sekitar 2.500 motif <> tersebar di 23 propinsi.

sentra Batik Besar diindonesia

jambi . kota jambi
sumatra selatan . palembang
Banten . serang
Dki Jakarta
jawa Barat. cirebon
Jawa Tengah . solo , pekalongan
yogyakarta . Bantul
jawa Timur . madura , Tuban
Sulawesi Selatan . Pare- pare


Madura merupakan salah satu daerah penghasil batik unggulan diindonesia . tiga diantara empat kabupaten dipulau madura memiliki sentra Batik yang cukup besar . yakni Bangkalan dikabupaten ini sentra batik adalah kecamatan tanjung bumi . dikabupaten sampang dikenal dengan batik kottah , dipamekasan terkenal dengan sebutan batik banyumasan .

Batik asal Madura memang dikenal berbeda dengan batik daerah lain . keberanian orang Madura tercermin pada motif dan warna batik yang mencolok.

Dengan inovasi desain yang semakin beragam , lambat laun baju batik bisa diterima semua lapisan . "kalau generasi muda saat ini mulai mencintai batik , budaya batik ini bisa bertahan untuk jangka waktu lama .

Memang saat pengukuhan banyak perayaan yang digelar . tapi apakah perayaan itu akan mampu membuat Batik bertahan ? kalau hanya senang dan bangga tanpa ada usaha melestarikanya sama saja .saat ini yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian dan pengembangan <> mengenai Batik Indonesia . hal tersebut ditujukan untuk menjaga agar batik tak lagi tenggelam di gerus kemajuan zaman .

selain mengadakan pengembangan dan innovasi , perlu dilakukan pembenahan dalam hal administrasi dan pemahaman Batik sebagai budaya dan bukan sekedar komoditas industri semata .
@ batik indonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar


 

Total Tayangan Halaman

......

About

Blogger templates


nuansa

kepakan sayap" mungilmu menggapai riak airdalm telaga indah melukiskan wajah mu di bening telaga mengejar mewujudkanmu tuju tepian tepian yang mengoreskan kanvas keabadian nan angan didasar relung sayap" mungil pejamkan mata biarkan hujan kan bawa terbang hati kesana dimana rintik " mengalir membentuk telaga dalam jauh lamunan dara ditepian karang merangkai ranting " tua diuntaian indah

Blogroll

Pengikut