otomotif

busi
mesti kecil ,komponen mesin bensin yg satu ini paling akrab dikalangan pemakai atau pengemudi kendaraan bermotor.
itulah busi yang tugas utamanya menghasilkan percikan bunga api pada elektrodenyaang selanjutnya bunga api membakar campuran udara , bensin & menghasilkan energi .dengan energi ini mobil bisa mendapatkan tenaga untuk bergerak.
kendati dibuat oleh produsen berbeda , namun bentuk busi umumnya sama ,komponen ini terdiri dari empat bagian utama elektropositif dan negatif dari logam ,isolator darikeramik serta selongsongan berulir.


Elektrode dan nilai panas.
nilai panas busi menunjukkan kemampuannya melepaskan panas dan ditentukan oleh panjang hidung isolator . busi dengan hidung isolatorpendek disebut busi dingin dengan ukuran yang pendek mampu memindahkan panas dengan cepat.

penggunaan
evolusi lainnya adalah makin kecilnya busi . munculnya karena adanya kecenderungan mesin menggunakan katup banyak .
dilain hal agar pemakaian makin panjang .elektrodenya dibuat dari platina . lagam ini di pilih karena tahan terhadap erosi ketimbang nikel-krom.
bentuk busi nya tidak berbeda jauh dari busi konvesional tetapi menggunakan elektrode tengah . karena elektrode tengah massa tidak diperlukan . ukuran keramiknya bisa diperbesar . berarti busi menjadi lebih kuat dan bisa dialiri tegangan listrik lebih tinggi.
celah elektrode bisa berubah dari 1,5 mm paa beban berat menjadi 8mm pada putaran rendah.berarti saat mesin pada putaran rendah dan tinggi mendapatkan tegangan yang sama tingginya.

perubahan elektrode
bentuk elektrode itu menentukan kemampuan busi memercikan bunga api .dengan elektrode busi lebih dari satu , umur pakai busi juga lebih lama tanpa harus menggunakan logam mulia yg mahal .
elktrode massa yang banyak menghasilkan efek pendinginan. selanjutnya dimanfaatkan untuk mengontrol NOX. bentuk elektrode lain adalah U, V, tirus dan sebagainya .
penggunaan logam mulia dengan ukuran lebih kecil pada elek trode bukan karena harganya yg mahal tapi untuk memperoleh putaran yang stabil saat mesin bekerja pada putaran stasioner dan rendah.
perubahan lainnya dengan munculnya teknologi sistem pengapian tanpa distributor .pada sistem ini satu busi mendapatkan satu koil . tegangan yang dihasilkan koil langsung diarahkan ke busi tanpa menggunakan kabel .
sistem pengapian ini cocok utk mesin dengan kompresi tinggi atau dilengkapi turbo dan super charge.

0 komentar:

Posting Komentar


 

Total Tayangan Halaman

......

About

Blogger templates


nuansa

kepakan sayap" mungilmu menggapai riak airdalm telaga indah melukiskan wajah mu di bening telaga mengejar mewujudkanmu tuju tepian tepian yang mengoreskan kanvas keabadian nan angan didasar relung sayap" mungil pejamkan mata biarkan hujan kan bawa terbang hati kesana dimana rintik " mengalir membentuk telaga dalam jauh lamunan dara ditepian karang merangkai ranting " tua diuntaian indah

Blogroll

Pengikut