ketupat

ketupat


ketupat sebuah tradisi dihari yang fitri, ketupat merupakan sebuah ikon dihari lebaran yang begitu suci. bentuknya nasi yang ditanak dan dibungkus janur kelapa . sederhana memang , tapi dibalik kesederhanaan itu tersimpan simbol rohani.

Anyaman janur menjadi lambang tali silaturahmi yang terikat kembali dengan memberi maaf yang ikhlas kepada siapapun yang pernah menyakiti hati kita


sedangkan nasi putih yang lembut dan pulen ingin mengingatkan , bahwa hidup kita hendaknya menjadi putih lagi dan memberi manfaat bagi setiap orang .


tradisi ketupat berawal dari tahun pertama masuknya islam dijawa . sejarah bercerita sunan kalijaga adalah orang pertama yang memperkenalkan ketupat pada masyarakat jawa beliau mentradisikan dua kali bakda , yaitu bakda lebaran dan bakda kupat ( lebaran ketupat ) seluruh simbolisasi tersebut lekat dengan kemenangan umat islam setelah sebulan berpuasa , dan akhirnya kembali kepada fitri.


0 komentar:

Posting Komentar


 

Total Tayangan Halaman

......

About

Blogger templates


nuansa

kepakan sayap" mungilmu menggapai riak airdalm telaga indah melukiskan wajah mu di bening telaga mengejar mewujudkanmu tuju tepian tepian yang mengoreskan kanvas keabadian nan angan didasar relung sayap" mungil pejamkan mata biarkan hujan kan bawa terbang hati kesana dimana rintik " mengalir membentuk telaga dalam jauh lamunan dara ditepian karang merangkai ranting " tua diuntaian indah

Blogroll

Pengikut