pentingnya menjaga memori Anak.



nak, masih kecil kok mudah lupa sih ? ! inilah reaksi sekilas orang tua melihat buah hatinya sulit berkonsetrasi .
baru beberapa meniit berlalu , sikecil sudah mengulang pertanyaan tentang informasi yang baru saja dismpaikan .

bila hal ini jarang terjadi masih dimaklumi . masih ada solusi untuk perlahan -lahan mengembalikan konsentrasi anak sekaligus melatih daya ingatnya . pertama sebagai orang tua , anda perlu memahami dulu masalahnya . banyak studi menunjukkan bahwa kasus pelupa pada usia anak rata -rata terkait dengan kepercayaan diri .

jika Anak cenderung pemalu ,menutup diri dan tidak percaya diri akan berkontribusi pada daya ingat dan konsentrasi yang lemah . melihat hal tersebut Anda jangan memarahi mereka .

bangunlah kepercayaan diri Anak yang senantiasa akan meningkatkan daya ingatnya . memahami perasaan nya , curhat sikecil atau aktivitas yang telah dilakukannya . jangan segan -segan memujinya saat melakukan kegiatan yang positif .


doronglah buah hati Anda untuk memilih dan menjalani kegiatan yang disukainya misalnya bersepeda , menggambar , bermain bola dan sebagainya .cara pendekatan menyenangkan lainnya dapat dilakukan lewat permainan . dalam hal ini Anda harus terlibat aktif ketika mengajak Anak bermain.

mengajaknya dengan bermain teka -teki silang , kuis trivia atau permainan kata yang melatih ingatannya . awalnya berilah soal mudah dicerna dan dijawab dalam waktu singkat . selanjutnya Anda dapat membuat soal yang lebih sulit sesuai dengan daya tangkap buah hati . kuncinya disini adalah penggulangan .

untuk melatih ingatan dapat melalui kegiatan membaca . dengan membaca akan menstimulasi otak untuk mengingat informasi yang ada didalam buku .jangan lupa bimbing buah hati Anda untuk mengulang dan menyimpulkan secara sederhana tentang isi bukunya .



Mengajak Buah Hati untuk memelihara Hewan .

kita bisa mendapatkan banyak hal positif ketika memelihara hewan dirumah . contohnya :
. keluarga yang memelihara hewan secara psikologis mereka termasuk keluarga penyayang .
.Si anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lembut , bertanggung jawab dan mudah mengendalikan diri .
_ hadirnya hewan peliharaan dirumah bisa mendatangkan keceriaan .
- melalui hewan peliharaan anak dikenalkan dengan sebuah siklus kehidupan . dia dapat melihat kelahiran , perkembangan kognitif dan fisik , sakit dan kematian .
- Anda mendapat kesempatan untuk mengajarkan Anak belajar mengatasi kesedihan .


sebagaian besar keinginan untuk memiliki hewan peliharaan dikarenakan , hewan mampu menawarkan kasih sayang dan bisa terus menemani si anak .
selalu ingatkan mereka untuk membantu orang tua dalam memberikan makan -minum , membersihkan si hewan juga kandangnya .

0 komentar:

Posting Komentar


 

Total Tayangan Halaman

......

About

Blogger templates


nuansa

kepakan sayap" mungilmu menggapai riak airdalm telaga indah melukiskan wajah mu di bening telaga mengejar mewujudkanmu tuju tepian tepian yang mengoreskan kanvas keabadian nan angan didasar relung sayap" mungil pejamkan mata biarkan hujan kan bawa terbang hati kesana dimana rintik " mengalir membentuk telaga dalam jauh lamunan dara ditepian karang merangkai ranting " tua diuntaian indah

Blogroll

Pengikut